Kamis, 28 Januari 2016

Lintas Arti Dan Pengertian Seo

Mungkin rekan bloggermania telah banyak tahu arti atau pengertian “SEO”. SEO berasal dari bahasa asing yang merupakan kepanjangan dari (Search Engine Optimization), yang mana kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah suatu cara atau teknik yang dipergunakan seseorang untuk membuat situs atau web blog tertentu bisa menempati posisi berada atau menuju ke halaman satu pada seluruh layanan mesin pencarian (search engine), misalnya Google, Bing, dan Yahoo.


Arti Dan Makna Serta Pengertian SEO (Search Engine Optimization

Sebenarnya pengertian, arti dan makna dari SEO itu sendiri sangatlah luas dan kompleks, tetapi pada intinya mencakup semua hal yang berhubungan dengan cara mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman atau posisi satu di search engine dengan menggunakan kata kunci yang telah ditarget. Dengan kata lain adalah bagaimana cara yang harus ditempuh seseorang terhadap halaman websitenya agar bisa menang dan mengungguli rival-rival yang lain untuk kata kunci tertarget yang sama. Dengan begitu, pengunjung yang tidak terbatas jumlahnya akan menemukan dan atau melihat website/blog anda di halaman mesin. Nah tentu saja, dari jumlah pengunjung yang tidak terbatas tersebut akan ada yang mengklik untuk mengetahui lebih lanjut apa informasi yang anda buat di dalam halaman website anda. Artinya peran strategis yang dimainkan atau dikerjakan oleh search engine pada pagi, siang dan malam telah membantu anda tanpa pamrih dan meminta sepeserpun upah dari anda atas kerja keras yang telah dilakukan mesin pencarian tersebut.

Secara gamblang, para mesin pencarian telah menetapkan standar baku yang harus dilakukan untuk bisa menikmati dan mendapatkan layanan dari mesin pencari, yang kemudian kita mengenalnya dengan nama SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Adapun ke 2 jenis SEO tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut:

Yang Pertama (SEO ON PAGE) adalah suatu cara yang dilakukan dengan perbuatan mendesign website dari dalam mesin (dashboard), agar keseluruhan isi yang yang menggerakan mesin website bila lebih optimal dan sangat disenangi atau bersahabat dengan mesin pencarian (sering disebut dengan Search Engine Friendly). Singkatnya, website harus didesign yang meliputi: Title Tag, Meta Description, URL, Heading (h1, h2, h3, h4, h5 dan h6), Image dan Image ALt Tag, Link to Site Authority agar lebih bersahabat lagi dengan Google. Pokoknya semua yang menyangkut onderdil mesin dalam harus dipermak apik agar sesesuai dengan kententuan dan standar seo yang berkualitas. Disain SEO ON PAGE ini juga bisa meliputi seluruh navigasi (menu) yang anda buat dan rancang sebelumnya. Kemudian juga harus selalu ada minimal satu link untuk ke halaman yang anda buat, namun harus dihindari penggunaan banyak link yang berulang-ulang. Jangan lupa agar memperhatikan kecepatan loading website, karena hal ini sangat berpengaruh pada score akhir dari seo anda. Banyak para bloggermania yang terkadang tidak konsisten dengan topik dasar (misalnya tidak adanya kesesuaian antara judul, isi artikel, keyword yang digunakan dan meta description), hal ini sangat berbahaya untuk memenangkan persaingan di mesin pencarian.

Yang Kedua (SEO OFF PAGE) adalah serangkai tindakan dan perbuatan yang dilakukan dari luar website. Di sini anda diajak untuk berusaha bagaimana agar website anda bisa menjadi topik pokok yang dibahas dan dibicarakan diluar website anda, sehingga dengan begitu para mesin pencarian akan menganggap website anda sangat penting bagi banyak orang. Sebagai contoh website ini yang khusus membahas tentang informasi seputar seo telah banyak dibahas dan dijadikan referensi oleh website lain, maka dengan sendirinya search engine akan menaikkan posisi webiste ini di hasil pencarian dan penelusuran orang dengan kata kunci yang telah ditanamkan dalam website ini. Misal kami menanamkan kata kunci tertarget “belajar seo”, maka ketika ada orang lain yang mencari “belajar seo” dan topik tersebut telah pernah di bahas secara lengkap di web ini, serta telah pula sesuai dengan standar SEO, maka search engine akan memberikan rujukannya dengan menempatkannya pada halaman-halaman utama dari hasil pencarian, semuanya tergantung pada hasil kerja yang telah anda lakukan dan bila telah 100% optimal, maka wajar saja untuk ditempatkan pada halaman satu ranking satu.

Biasa dan lazim dipergunakan orang dalam teknik SEO OFF PAGE adalah dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya backlink yang berkualitas dan mempunyai page rank (PR) lebih tinggi dari website anda. Pengertian dan arti Backlink adalah Link yang ada dalam halaman web kita yang terdaftar atau berada pada halaman web orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) lebih tinggi dari web kita. Mesin pencarian sangat menyukai dan senang terhadap backlink dari website authority dan atau web yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Blogspot, Wikipedia, Facebook, Instagram, Twitter, WordPress, dan lain sebagainya. Dengan adanya banyak backlink dari web authority yang berkualitas, maka web anda akan di angkat posisinya oleh mesin pencarian google, apalagi ketika kata kunci tertarget yang digunakan tercatat mendapatkan backlink terbanyak. Tapi, hati-hati dalam pergerakan anda mencari backlink karena diluaran sana banyak beredar dan lintas backlink spam yang sangat tidak disukai oleh google, dan bila hal ini terjadi maka sudah bisa kita bayangkan bahwa website ada bisa kena teguran dan sanksi berat (sandbox) berupa penghapusan seluruh artikel anda dari halaman search engine google, kalau sudah begini sia-sialah pekerjaan seo yang kita lakukan selama ini.

Itulah kira-kira penjelasan kami tentang arti dan pengertian dalam lintas pemahaman kami selaku pengguna seo. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar