Jumat, 29 Januari 2016

Kupas Tuntas SEO On Page

Kemarin kita bahas arti, makna dan pengertian SEO, topik selanjutnya bicara tentang SEO On Page yang akan kita kupas dan tuntas dalam artikel ini. Sahabat bloggermania, secara garis besar pemanfaat SEO secara umum adalah untuk memaksimalkan kemampuan website berikut dengan segala isi konten didalamnya, sehingga bisa memangkan persaingan kata kunci tertarget yang sedang dicari oleh para pengguna internet di seluruh dunia. Karena itu, catatan pentingnya adalah bagaimana strategi kita untuk membangun website yang berdaya saing 100% SEO di semua mesin pencari yang ada tidak hanya google saja.

Manfaat SEO On Page Bagi Website/Blog

Dalam menggunakan SEO dibutuhkan proses yang sangat panjang, bukan hanya dalam hitungan bulan, tetapi bisa sampai bertahun-tahun. Karena dengan adanya serangkaian proses yang konsisten dan sistematis terus dilakukan, maka secara konsisten akan meningkatkan volume dan kualitas website itu sendiri, khususnya dalam mendatangkan trafik kunjungan melalui kinerja algoritma mesin pencari. Hal ini disebabkan, website yang berada pada posisi halaman satu dan ranking pertama di mesin pencari akan sangat terbuka lebar kesempatan untuk memiliki pengunjung yang lebih banyak pula.

Apa hanya untuk menempatkan posisi website anda berada di posisi teratas saja manfaat nyata dari penggunaan SEO? Dengan tegas kami kata tidak, karena dalam dunia internet marketing modern analisa pasar dapat dipantau atau diketahui melalui internet, kemudian bisa juga untuk melihat ancaman dan peluang, indeks lebih banyak halaman website/blog, dan pastinya dalam rangka mendatangkan trafik visitor sebanyak-banyaknya ke website yang ada miliki. Nah, bila semua hal tentang manfaat SEO itu dapat kita ketahui secara cepat dan tepat, maka peluang untuk meraih keuntungan yang lebih besar lagi sangat terbuka lebar bagi perusahaan (khususnya untuk bisnis online seperti toko online).

Karena topik bahasan yang akan kita kupas adalah mengenai Secara SEO On Page, maka pada artikel ini kami tidak akan membahas tentang apa dan bagaimana SEO Off Page, namun kegunaan dan manfaatnya adalah sama dengan SEO On Page, sedangkan perbedaannya hanya terletak pada cara dan teknik optimasi, dimana SEO On Page bermain dari dalam website sementara SEO Off Page bermain dari luar website. Sabar ya para bloggermania, dikesempatan yang akan datang kita kupas tuntas tentang pengguna SEO Off Page.

Cara Dan Tips Teknik Optimasi SEO On Page Yang Terbaik

Cara atau Teknik Optimasi SEO ON Page
  1. Pergunakanlah tag untuk keyword tertarget yang menjadi sasaran anda. Sedangkan untuk deskripsi website, silahkan untuk diisi hal-hal yang berhubungan dengan keyword anda (contoh pada website kami ini, kami mengisinya dengan: “Ahli Seo, Pakar Seo, Master Seo, Konsultan Seo, Dewa Seo, Professor Seo, Tukang Seo, Pendekar Seo, Dukun Seo, Datu Seo, Mbah Seo, Raja Seo, Ratu Seo, Jawara Seo, Juara Seo, Praktisi Seo, Staf Seo, Karyawan Seo, Belajar Seo, Sekolah Seo, Panduan Seo Online, Strategi Seo, Ilmu Internet Marketing”). Dan terakhir untuk urusan keyword, agar mencantumkannya didalam setiap artikel konten yang anda buat. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang anda pakai, disesuaikan dengan kebutuhan isi konten anda, misalnya menggunak emphasize (seperti memberi bold, italic, atau underline).
  2. Pergunakanlah alamat URL yang 100% SEO friendly, dan mohon agar hindari menggunakan parameter lain. Sisipkan keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat, sebagai contoh adalah url link website ini: http://dewanseo.blogspot.com/2016/01/kupas-tuntas-seo-on-page/ dan sebagainya. Nah coba perhatikan, antara alamat situs dengan alamat link artikel ada kesesuaian, dimana kedua-duanya terdapat kata: “SEO”, yang mana kata SEO ini dapat menjadi kata kunci utama tertarget untuk berpeluang sangat besar bisa mengantarkan artikel yang kami tulis ini menuju ke halaman pertama (page one) seluruh mesin pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “DEWAN” dan “SEO” adalah kata kunci utama dari website/blog ini.
  3. Optimasikan judul blog (title tag, baik di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai kata “AHLI DAN PAKAR SEO”, namun perlu diingat bahwa title tag tidak boleh melebihi jumlah 70 karakter dan meta description tidak lebih dari 160 karakter (kalaupun lebih maka akan otomatis dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah kata-kata yang menjadi keyword-keyword tertarget anda pada 160 karakter pertama).
  4. Pilihlah domain yang bisa memakai www dan atau tanpa memakai www, karena secara prinsip mesin pencari akan menganggap bahwasanya domain tersebut adalah berbeda. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun risau, karena hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan redirect 301.
  5. Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca anda, khususnya untuk robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
  6. Bila anda telah mahir, segerala kompres halaman website/blog anda menggunakan .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah juga salah satu penilaian apakah SEO telah optimal atau tidak.
  7. Terakhir, jangan lupa untuk membuat link media sosial, seperti twitter, google plus (G+), facebook, dan lain sebagainya di website/blog anda, untuk mempermudah promosi web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk link building.
Demikian artikel bahasan tentang kupas tuntas SEO ON PAGE ini, semoga ada manfaatnya. Diatas segalanya, kami ucapkan terima kasih karena sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar